Rabu, 30 Maret 2011

THANKS HmI

Hidup bukan untuk diam, melainkan bergerak tanpa henti dan menemukan hikmah dibalik segala kejadiannya bukan? Hidup adalah belajar tanpa henti, menemukan betapa menakjubkannya karunia Tuhan dan memahami segala keteraturan-Nya yang indah. Genap Tiga tahun aku menghabiskan sebagian besar waktu untuk organisasi, selama itu pula aku belajar tentang banyak hal. Namun dari semua hal yang aku dapat dari organisasi, hanya satu kesimpulan yang aku temui, yaitu bahwa Hidup adalah untuk terus belajar. Tak peduli siapapun kita, sehebat apapun kita, atau sebanyak apapun pengalaman yang kita punya, kita tetap melakukan kesalahan, meski kadang untuk satu hal yang sama. Phanta rei, ungkapan dari bahasa yunani yang dulu aku baca dari sebuah buku yang berarti  “semua mengalir”, adalah satu hukum alam yang mutlak. Tak pernah ada dua kejadian yang benar-benar sama dalam hidup, selalu ada sisi berbeda yang membuat kita belajar memahami sesuatu. satu tahun setengah, gumanku dalam hati, dan takkan selamanya aku seperti ini. Ada hal lain yang masih harus aku urus selain organisasi bernama HMI. Hingga detik ini , disaat rekan-rekanku sudah memusatkan perhatiannya pada kuliah, aku masih menikmati suasana organisasi.  kuliah belum menjadi fokus utama bagiku. Namun, aku tahu ini takkan berlangsung selamanya, sudah saatnya aku memberi lampu kuning bagi diriku sendiri dan mulai mengalihkan perhatian pada kelulusanku. Diluar sana masih banyak hal yang harus aku pelajari, masih banyak kejadian yang belum aku temui, juga masih banyak cerita yang belum aku tulis. HMI selalu menjadi bagian yang penting bagiku karena disini aku mengalami perubahan terbesar dalam hidup. Aku mengubah sikap dan pandangan dari anti organisasi menjadi seorang organisatoris.
Hmm....setumpuk cerita bersama HMI, satu tahun setengah yang melelahkan tapi menyenangkan, setumpuk pelajaran berharga, serta bekal hidup untuk berpetualang di luar sana.
Hari ini aku semakin mengerti mengapa dulu kakak tingkat dan alumni memarahiku saat aku mencoba melawan , aku mengerti mengapa mereka membentakku dan menasehatiku saat aku salah mengambil tindakan, aku mengerti mengapa mereka begitu banyak berkata-kata sebelum aku melakukan sebuah tindakan. Hari ini aku mengerti, bahwa semua yang aku alami di tempat bernama HMI bukan sebatas membuang waktu atau mengisi waktu luang.
Hari ini aku semakin meyakini bahwa HMI adalah SKS tambahan yang nilainya jauh lebih berharga ketimbang 151 SKS yang aku kontrak di UIN.Well, amazing guys!
Belajar adalah proses tanpa henti, oleh karena itu aku masih harus belajar banyak dari semua kejadian yang aku alami. Aku percaya, diluar sana masih banyak pelajaran berharga yang akan aku dapatkan. Apa yang aku dapat dari organisasi bernama HMI adalah bekal yang akan aku gunakan ketika aku telah meninggalkan kampus. Aku yakin akan hal itu. Luapan emosi, perbedaan pendapat, rasa lelah, tekanan, kegembiraan, kebanggaan, semua menjadikanku lebih dewasa menghadapi hidup. Semoga terus dan akan terus berlangsung hingga akhir nanti.
Hm...baiklah,...sudah saatnya mempersiapkan diri untuk dunia yang lebih luas....belajar lebih banyak lagi dan berpetualang lagi...thanks HMI!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar